Resep Klapertart Kukus dan Cara membuatnya
Resep Klapertart Kukus

Resep Kue Klapertart Kukus Dan Cara Membuatnya

Posted on

Resep Kue Klapertart Kukus– Menjadi seorang ibu rumah tangga merupakan pekerjaan yang teramat menyenangkan. Anda bisa seharian di rumah dan mengurus segala kebutuhan keluarga serta membereskan segala hal yang berhubungan dengan rumah tangga.

Salah satu tugas wajib seorang ibu rumah tangga adalah menyediakan makanan untuk seluruh anggota keluarga. Selain makanan besar, terkadang ibu rumah tangga juga perlu membuat makanan ringan untuk sekedar teman berkumpul bersama seluruh anggota keluarga.

Misalnya kue, berbagai jenis kue dapat anda buat untuk disantap bersama keluarga, mulai dari kue kering hingga tart yang hanya tahan dalam beberapa hari saja.

Nah bagi anda yang ingin mendapat inspirasi mengenai makanan ringan yang cocok untuk disajikan ke keluarga anda, klapertart adalah pilihan yang tepat.

Kue yang berasal dari Medan ini memiliki cita rasa yang sangat khas, yaitu manis, legit dan gurih. Kemudian untuk cara pembuatannya pun sangat mudah, dan hebatnya klapertart ini tidak hanya bisa dibuat dengan cara di panggang.

Namun anda juga bisa membuat klapertart kukus, dimana hasilnya nanti tidak akan berbeda jauh. Lalu bagaimana resep klapertart kukus?

Berikut ini resep klapertart kukus :

A. Bahan

Sama seperti kue lain, kalpertart juga menggunakan tepung terigu sebagai bahan utamanya. Namun di sini anda juga akan menggunakan tepung maizena sebagai campurannya.
Untuk rasa gurih dari kue ini sendiri yaitu berasal dari susu dan serutan buah kelapa. Kemudian untuk mempercantik tampilan dan menambah cita rasa, anda bisa menggunakan kismis sebagai topingnya atau bahan lain sesuai selera.

Ini dia daftar bahan yang harus anda siapkan dalam resep klapertart kukus.

1. Susu cair sebanyak 1000 ml.
2. Susu kental manis sebanyak 250 ml.
3. Tepung terigu kualitas baik (segitiga biru) sebanyak 250 gram.
4. Tepung maizena kualitas baik sebanyak 250 gram.
5. Gula pasir sebanyak 100 gram atau sesuai selera.
6. kismis sebanyak 100 gram atau sesuai selera.
7. Margarin sebanyak 250 gram.
8. Garam 1 sendok teh saja.
9. telur yang diambil bagian kuningnya saja, sebanyak 3 butir.
10. Vanila bubuk 1 bungkus.
11. Kelapa yang akan diambil buahnya, 1 butir atau sesuai selera.
B. Alat

Jika semua bahan yang dibutuhkan dalam resep klapertart kukus, berikutnya siapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat kue bertekstur lembut ini. Yang antara lain adalah.

1. Wadah atau baskom ukuran sedang 2 buah,
2. Wadah atau baskom ukuran besar 1 buah.
3. Cetakan alumunium ukuran bebas secukupnya.
4. Alat kukus (bisa menggunakan panci).
5. Alat pengaduk manual dan mixer.

C. Cara pembuatan

Nah saat semua bahan dan alat terkumpul, lanjut ke tahap pembuatan kue kalper kukus. Dan langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut.

1. Ambil satu wadah berukuran sedang, kemudian campurkan susu cair dan susu kental manis hingga tercampur rata (adonan A).
2. Pada wadah ukuran besar, masukkan tepung maizena dan tepung terigu. Aduk hingga kedua bahan ini tercampur. Setelah itu, lanjutkan dengan memasukkan serutan daging kelapa (setengah saja). Pastikan adonan ini tak menggumpal (adonan B)
3. Langkah berikutnya dalam resep klapertart kukus adalah dengan mengocok telur menggunakan mixer pada wadah ukuran sedang yang berbeda. Jika telur sudah berubah warna menjadi putih yang menandakan telur tersebut sudah mengembang, kemudian masukkan telur pada adonan tepung (adonan B).
4. Aduk menggunakan mixer berkecepatan rendah, pastikan tak ada gumpalan tepung dalam adonan tersebut.
5. Setelah itu, lanjutkan dengan memasukkan susu cair dan susu kental manis yang telah dicampur tadi.
6. Namun sebelum anda memasukkan susu (adonan A) pada adonan tepung dan telur, masukkan mentega, gula, vanili dan garam terlebih dahulu pada susu tersebut.
7. Nah jika semua bahan sudah dicampur menjadi satu, kemudian lanjutkan dengan mengaduk adonan hingga benar-benar rata.
8. Kemudian pindahkan seluruh adonan pada panci anti lengket dan masak adonan tersebut hingga muncul luapan-luapan atau gelembung-gelembung besar.
9. Sesudah itu, angkat adonan dan pindahkan adonan pada cetakan alumunium yang telah disiapkan tadi. Namun agar adonan tidak lengket, pastikan anda telah melumuri cetakan alumunium menggunakan mentega dan tepung terigu terlebih dahulu.
10. Masukkan adonan hingga ketinggian ¾ cetakan alumunium.
11. Lanjutkan dengan menaburi kismis sejumlah yang anda inginkan (sesuai selera). Jangan lupa untuk memasukkan serutan daging kepala yang masih disisakan setengah bagian tadi.
12. Kukus adonan kue klapertart selama 10-15 menit atau hingga adonan mengembang, berubah warna dan mengeluarkan aroma yang harum.
13. Kue klapertart pun siap disajikan untuk keluarga tercinta.

Bagaimana sangat mudah bukan resep klapertart kukus? Namun ada beberapa hal yang menjadi kunci keberhasilan membuata kue legit ini. Yang antara lain adalah :

1. Ketika anda memasak adonan menggunakan panci anti lengket, pastikan anda menggunakan api kecil. Sebab tujuan dari pemanggangan menggunakan panci ini adalah untuk membuat adonan menjadi lebih mengembang.
Namun jika anda menggunakan api besar, adonan bukannya akan mengembang justru akan menjadi gosong dan bisa bantat nantinya.
2. Selain itu, ketika mengukus adonan kalpertart juga sebaiknya menggunakan api yang tidak terlalu besar. Dengan begitu, air yang ada pada bagian alat kukus tidak cepat habis dan kue bisa matang sempurna.
3. Alat kukus yang digunakan pun harus yang masih bagus. Dimana khusus bagian tutupnya harus benar-benar rapat. Untuk membuat uap tidak keluar sedikitpun, tipsnya adalah dengan membalut tutup alat kukus menggunakan kain. Dengan begitu kain akan menghalangi uap air keluar dan panas pada bagian dalam alat kukus maksimal.
4. Kemudian untuk pemilihan bahannya sendiri sebaiknya pilih bahan dengan kualitas terbaik. Mengapa? Karena pemilihan bahanlah yang nantinya akan menentukan hasil klapertart yang anda buat. Apakah akan bercita rasa lezat atau sebaliknya.
5. Berlanjut ke langkah pembuatannya, yaitu ketika anda mengocok telur pastikan telur benar-benar mengembang dan berubah warna menjadi putih. Setelah itu, jangan sesekali mencampurkan mentega ke dalam adonan telur tanpa mencampurkan tepung terlebih dahulu. Sebab mentega mampu membuat adonan telur yang sudah mengembang kembali menjadi kuning dan mengecil.
6. Lalu untuk daging kepala mengapa dibuat menjadi 2 bagian? Untuk bagian yang dimasukkan pada adonan tepung yaitu untuk menghasilkan cita rasa gurih. Sedangkan untuk daging kepala yang dimasukkan sebelum adonan dikukus yaitu bertujuan agar daging kepala lebih renyah dan menghasilkan perpaduan rasa yang legit dan renyah dalam klapertart ini.
7. Dan yang terakhir yaitu tips memilih toping. Meskipun toping sebenarnya bisa dipilih sesuai selera anda, namun pemilihan toping dengan cita rasa asam atau gurih jauh lebih disarankan ketimbang toping dengan cita rasa manis.

Sebab rasa adonan klapertart yang sudah manis akan terasa kurang cocok jika dipadukan dengan toping yang memiliki rasa manis pula. Namun jika anda penasaran dan ingin mencoba paduan topping manis itu pun bukan suatu masalah.

Silahkan di save dan di share resep klapertart kukus diatas. Pantengin terus ratuicip.com untuk mendapatkan berbagai resep kue dan masakan lainnya. Happy Cooking ya semua.

Gravatar Image
my name is ayu octaavia sudrajat... saya sangat suka petualangan dan mengeksplore semua bakat dan hobby . Saya juga menyukai beberapa game online salah satunya Point Blank :)