Resep Klapertart Kelapa dan Cara membuatnya
Resep Klapertart Kelapa

Resep Klapertart Kelapa Dan Tips Pembuatannya

Posted on

Resep Klapertart Kelapa– Bagi sebagian wanita, memiliki kepandaian dalam memasak adalah sebuah kewajiban. Sebab dengan memiliki kepandaian dalam memasak, wanita akan dengan mudah belajar menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik.

Bukan sekedar memasak makanan besar, namun kepandaian membuat beberapa makanan kecil atau camilan juga perlu dikuasai oleh seorang wanita. Ya, meskipun sebenarnya tidak harus seorang wanita yang memiliki kemampuan ini.

Nah salah satu makanan kecil yang sering kali menjadi andalan untuk disajikan kepada orang-orang terkasih adalah kue basah seperti bolu cake, brownies dan lain-lain. Sayangnya, beberapa jenis kue ini sudah terlalu sering anda sajikan, dan besar kemungkinan keluarga atau orang lain yang menikmatiya merasa bosan.

Menanggapi hal ini, nampaknya anda memerlukan sebuah resep kue baru. Resep klapertart kelapa adalah resep baru yang perlu anda coba. Selain memiliki tekstur yang lain dari pada kue basah lainnya (lebih legit), klapetart kelapa juga memiliki kombinasi rasa manis da gurihnya daging kelapa.

Penasaran bagaimana resep klapertart kelapa, berikut ini ulasan lengkapnya untuk anda.

A. Bahan

Sebelum memulai ke langkah-langkah berikutnya, langkah pertama yang harus anda lakukan dalam mempraktikkan resep klapertart kelapa ini adalah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Dan berikut beberapa bahan untuk membuat klapertart kelapa.

1. 250 ml susu kental manis (bisa full cream).
2. 1000 ml susu cair murni.
3. 250 tepung terigu kualitas terbaik.
4. 250 gram tepung maizena kualitas terbaik.
5. 100 gram gula pasir atau sesuai selera.
6. 100 gram kismis untuk toping (bisa menggunakan bahan lain sesuai selera)
7. 250 margarin, kemudian lelehkan.
8. 1 sendok teh garam halus.
9. 3 butir telur ayam, kemudian pisahkan kuningnya dari bagian putih telur.
10. 1 bungkus vanili bubuk.
11. 1 buah kelapa ukuran sedang, kemudian serut dan ambil daging buahnya.

B. Alat

Tak hanya menyiapkan bahan, namun anda juga perlu menyiapkan peralatan untuk mencoba mempraktikkan resep klapertart kelapa ini. Nah berikut beberapa peralatan sederhana yang harus anda siapkan.

1. Wadah berukuran sedang 2, dan satu wadah lagi berukuran besar (cukup untuk menampung seluruh bahan).
2. Alat pengaduk manual
3. Mixer untuk mengembangkan telur.
4. Alat panggang (oven)
5. Cetakan kue bentuk cup, persegi panjang atau sesuai selera.
6. Panci anti lengket

C. Cara Membuat

Setelah semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan tersedia, lanjut ke tahap berikutnya yaitu proses pembuatan. Step atau langkah-langkah untuk membuat klapertart kelapa sendiri adalah sebagai berikut.

1. Pertama-tama ambil wadah berukuran sedang, kemudian tuangkan susu kental manis ke dalam wadah yang kemudian disusul dengan memasukkan susu car ke dalamnya. Kemudian aduk perlahan hingga susu kental manis larut dalam susu cair.
2. Di sisi lain, ambil wadah berukuran besar dan masukkan tepung terigu dengan tepung maizena secara bersamaan. Aduk menggunakan pengaduk manual hingga keduanya tercampur rata.
3. Setelah itu, masukkan serutan daging kelapa setengah bagian saja ke dalam adonan tepung. Aduk lagi menggunakan tangan hingga tidak terlihat gumpalan tepung.
4. Sembari mendiamkan kedua adonan tadi, ambil satu wadah lagi dan masukkan 3 butir kuning telur yang telah disiapkan. Mixer kuning telur tersebut dengan kecepatan tinggi hingga telur berubah warna menjadi putih dan mengeluarkan busa yang menandakan telur tersebut sudah mengembang.
5. Jika sudah, selanjutnya tuangkan telur pada adonan tepung sedikit demi sedikit sembari terus diaduk menggunakan mixer berkecepatan rendah. Pastikan semua bahan tercampur dan tepung tidak menggumpal.
6. Lalu masukkan garam, vanili, gula dan margarin yang telah dilelehkan sebelumnya ke dalam adonan susu. Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata.
7. Selanjutnya, tuangkan adonan cair yang terdiri dari susu, mentega, garam, gula dan vanili ke dalam adonan padat yang terdiri dari tepung, telur dan daging kelapa.
8. Aduk semua bahan menggunakan alat pengaduk manual hingga semuanya tercampur rata.
9. Langkah berikutnya yaitu dengan memindahkan seluruh adonan ke dalam panci anti lengket.
10. Masak adonan dengan menggunakan api kecil. Tak perlu lama-lama, tunggu beberapa saat saja hingga adonan mengeluarkan gelembung atau letupan kecil, kemudian angkat.
11. Sambil menunggu adonan sedikit dingin, anda bisa menyiapkan cetakan kue. Yaitu dengan mengolesi cetakan kue menggunakan mentega dan menaburinya menggunakan sedikit tepung terigu. Lapisan ini bertujuan untuk menghindari adonan lengket pada cetakan.
12. Berikutnya, tuangkan adonan kue ke dalam cetakan setinggi ¾ cetakan saja. Yaitu agar adonan kue dapat mengembang maksimal.
13. Sebelum di panggang ke dalam oven, jangan lupa untuk taburkan daging kelapa yang masih disisakan setengah bagian tadi dan beberapa butir kismis sebagai pemanis tampilan dan penambah cita rasa klapetart kelapa buatan anda ini.
14. Panggang klapertart selama kurang lebih 20 menit dengan suhu berkisar 150-200 menit. Jika kue sudah matang yang ditandai dengan adonan yang mengembang dan warna yang sedikit kecoklatan, kemudian angkat.
15. Keluarkan klapertart dari cetakan kue dan sajikan di atas piring.

Pada dasarnya, buah kelapa adalah buah yang wajib dalam kue klapertart dengan varian apapun. Sebab rasa gurihnya inilah yang menjadi cirri khas dan tidak terdapat di jenis kue basah lainnya.

Begitu mudah dan praktis bukan resep klapertart kelapa ini? Tak hanya itu, bahan dan peralatan yang dibutuhkan juga sangat mudah untuk didapatkan. Jadi anda tak harus repot-repot demi bisa menikmati kue bercita rasa manis gurih ini.

Meskipun begitu, namun anda juga harus memperhatikan beberapa hal dalam membuat klapertart kelapa ini. Sebab jika tidak, bukan tidak mungkin klapertart buatan anda tidak akan mengembang atau memiliki rasa yang kurang lezat.

Apa sajakah hal dan tips yang perlu diperhatikan dalam membuat klapertart kelapa? Berikut beberapa diantaranya.

1. Ketika memasak klapertart di atas panci anti lengket, pastikan anda menggunakan api yang begitu kecil. Sebab tujuan dari proses ini adalah untuk mengembangkan klapetart. Dan jika anda menggunakan api berukuran sedang atau bahkan besar, maka adonan bisa menjadi mudah gosong.
2. Kemudian ketika anda memixer telur, pastikan telur benar-benar mengembang dan jangan sesekali memasukkan margarin leleh ke dalam telur yang sudah mengembang tanpa perantara bahan lain. Karena margarin leleh (terlebih yang masih panas) dapat membuat telur yang sudah mengembang kembali mengempis.
3. Ketika memanggang anda juga sebaiknya tidak menggunakan suhu yang terlalu tinggi. Akan jauh lebih baik jika anda menggunakan suhu sedang dengan proses pemanggangan yang lebih lama dibanding dengan suhu tinggi dan proses yang begitu cepat. Namun juga jangan menggunakan suhu yang terlalu rendah, bisa-bisa nanti klapertart buatan anda tidak mengembang.
4. Lalu kenapa daging kelapa dimasukkan dalam dua tahap? Untuk tahap pertama yaitu untuk menghasilkan rasa gurih dari adonan, sedangkan untuk tahap kedua yaitu bertujuan untuk menghasilkan rasa gurih dan krispi dari bagian luar adonan klapertart kelapa ini.

Tertarik untuk mencoba resep klapertart kelapa di atas? Segera belanjakan bahannya, siapkan alatnya dan coba cara membuatnya. Jangan lupa share dan save resep klapertart kelapa diatas ya.

Pantengin terus ratuicip.com untuk mendapatkan resep masakan lainnya yang enak dan lezat serta mudah cara membuatnya. Terimakasih

Gravatar Image
my name is ayu octaavia sudrajat... saya sangat suka petualangan dan mengeksplore semua bakat dan hobby . Saya juga menyukai beberapa game online salah satunya Point Blank :)