Resep Klapetart Keju dan cara membuatnya
Resep Klapetart Keju

Resep Klapertart Keju Yang Super Gurih

Posted on

Resep Klapetart Keju– Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman kuliner luar biasa banyaknya. Berbagai makanan besar dapat anda jumpai ketika berkeliling nusantara. Tak hanya itu, makanan ringan dengan berbagai cita rasa pun bisa anda jumpai di setiap sudut daerah di Indonesia.

Dan dari sekian banyak makanan kecil khas Indonesia, tahukah anda satu jenis kue yang memiliki nama klapertart? Klapertart sendiri merupakan jenis kue basah yang berasal dari Medan.

Dan ciri khas dari kue basah ini adalah teskturnya yang begitu legit dan perpaduan rasa manis gurih dari campuran serutan daging kelapa.

Meskipun berasal dari Medan, namun klapertart sudah cukup terkenal di berbagai daerah luar Medan. Sehingga untuk menemukan dan menikmati kue ini, anda tak harus jauh-jauh pergi ke Medan.

Cukup dengan mendatangi toko kue terdekat, anda pun sudah bisa mendapatkan klapertart.

Akan tetapi, bagaimana jika anda ingin membuat sendiri klapertart? Tentu bukan masalah, sebab resep klapertart sendiri tidaklah sulit. Bahkan bagi para pemula pun sangat dianjurkan untuk mencoba resep klapertart ini.

Nah sebagai kreasi, kali ini and akan diberi tahu bagaimana resep klapertart keju. Dimana anda akan menambahkan keju ke dalam adonan sebagai penambah cita rasa gurih dari adonan serta menambahkanya sebagai toping.

Berikut ini resep klapertart keju.

A. Bahan

Sebelum memulai memasak klapertart keju, tentu terlebih dahulu anda harus menyiapkan bahan-bahannya. Anda bisa datang ke toko bahan kue untuk mendapatkan bahan-bahan berikut.

1. Susu cair murni sebanyak 1000 ml.
2. Susu kental manis, bisa full cream sebanyak 250 ml.
3. tepung maizena rose brand sebanyak 250 gram.
4. tepung terigu protein sedang sebanyak 250 gram.
5. Gula pasir sebanyak 100 gram atau sesuai selera.
6. Margarin yang kemudian di lelehkan sebanyak 250 gram.
7. Cream keju secukupnya, dan keju chedar untuk taburan.
8. Garam halus sebanyak 1 sendok teh.
9. Vanili bubuk 1 bungkus saja.
10. Telur ayam yang diambil bagian kuningnya saja sebanyak 3 butir.

B. Alat

Tak hanya bahan yang perlu anda siapkan, anda juga membutuhkan alat-alat untuk membuat klapertart keju ini. Nah berikut ini alat untuk membuat klapertart keju.

1. 3 buah wadah (bisa baskom) dengan 2 buah berukuran sedang dan satu wadah lainnya berukuran besar yang dapat menampung semua bahan.
2. mixer untuk mengembangkan telur.
3. Pengaduk adonan manual.
4. Panci anti lengket.
5. Alat pemanggang (oven).
6. Cetakan kue dengan bentuk balok atau sesuai selera.

C. Cara pembuatan

Lanjut ke cara pembuatan klapertart yang terdiri dari beberapa tahapan berikut ini.

1. Ambil satu wadah berukuran sedang. Lalu masukkan susu cair murni dan susu kental manis. Aduk perlahan hingga susu kental manis larut dalam susu cair.
2. Di sisi lain, ambil wadah berukuran besar dan masukkan tepung maizena dan tepung terigu secara bersamaan. Aduk tepung menggunakan alat pengaduk manual.
3. Setelah tercampur rata, kemudian masukkan serutan daging kelapa separuh bagian saja ke dalam campuran tepung terigu dan tepung maizena. Aduk hingga tidak ada gumpalan tepung. Jika sulit menggunakan alat pengaduk manual, bisa aduk menggunakan tangan langsung.
4. Berikutnya, masukkan 3 butir kuning telur ke dalam wadah satunya yang masih kosong. Dan mixer dengan kecepatan maksimal hingga telur mengembang dan berubah warna menjadi putih.
5. Jika telur sudah mengembang sempurna, selanjutnya tuangkan telur ke dalam adonan tepung dan kelapa tadi. Tuang sedikit demi sedikit sembari terus di aduk menggunakan mixer berkecepatan sedang atau rendah.
6. Jangan lupa masukkan cream keju ke dalam adonan tersebut. Aduk hingga bahan tercampur rata dan tidak ada tepung yang menggumpal.
7. Kemudian, masukkan margarin yang telah di cairkan sebelumnya bersama garam, vanili dan gula ke dalam campuran susu cair dan susu kental manis tadi.
8. Setelah itu, campurkan adonan cair (susu, mentega, gula, garam, vanili) ke dalam adonan kering (tepung, telur, cream keju dan kelapa). Aduk semua bahan sampai tercampur rata.
9. Jika sudah, segera pindahkan adonan ke dalam panci anti lengket dan masak adonan menggunakan api kecil. tak perlu lama-lama, cukup hingga adonan mengeluarkan gelembung atau letupan kecil dan segera angkat.
10. Sembari menunggu adonan sedikit dingin, anda bisa menyiapkan cetakan kue dengan cara mengoleskan margarin pada setiap sisinya. yang kemudian di lapisi dengan taburan tepung terigu. Lapisan ini yaitu bertujuan agar adonan klapetart nantinya tidak lengket pada cetakan.
11. ketika sudah siap, langsung masukkan adonan klapetart ke dalam cetakan dengan banyak ¾ tinggi cetakan saja.
12. Sebelum adonan di panggang, jangan lupa taburkan daging kelapa dan keju chedar yang telah di parut sebelumnya. banyaknya taburan keju dapat anda sesuaikan dengan selera. Semakin banyak makan akan semakin lezat rasa klapetart keju ini.
13. Langkah terakhir adalah dengan memanggang klapetart keju. Gunakan suhu sekitar 150-200 derajat celcius dan panggang adonan selama kurang lebih 20 menit. Atau sampai adonan mengembang sempurna dan warnanya berubah kecoklatan.
14. Klapertart keju siap disajikan.

Tak sabar ingin mencoba resep klapertart keju di atas? Segera siapkan bahan dan alatnya, kemudian praktekkan cara membuatnya. Nah untuk sedikit kreasi, anda bisa mengganti jenis keju chedar dengan keju mozarela. Sehingga nanti aka nada rasa legit yang menyatu antara adonan kue dan toping kue.

Namun, tahukah anda jika klapertart juga dapat dibuat dengan cara di kukus? Ya, bagi anda yang lebih suka dengan tesksur yang lebih legit, maka cara pembuatan dengan di kukus menjadi alternatif yang tepat.

Langkah pembuatannya sendiri sama, hanya saja yang seharusnya anda memasukkan adonan ke dalam oven harus diganti dengan memasukkan adonan ke dalam alat kukus.

Namun sebelum itu, pastikan uap air dari alat kukus yang anda siapkan sudah benar-benar panas. Baru setelah itu masukkan adonan dan tutup rapat. Nah jika anda merasa uap air masih keluar dari tutup alat kukus, tips yang bisa anda coba adalah dengan membungkus tutup alat kukus menggunakan kain. Dengan begitu uap air tidak akan keluar dan suhu panas di dalam alat kukus maksimal.

Perbedaan lain dari proses pembuatan dengan cara dikukus dan dipanggang adalah, jika ketika anda membuat klapertart keju dengan cara dipanggang keju akan ditaburkan sesaat sebelum adonan dipanggang.

Namun ketika anda mencoba resep klapertart keju kukus, maka keju akan ditaburkan setelah kue matang. Mengapa? Sebab jika keju ditaburkan sebelum dikukus maka keju bukannya akan mengering namun justru bisa tercampur dengan uap air.

Dan hal ini bisa berpengaruh pada adonan kue. Untuk itulah, jalan terbaiknya yaitu dengan menaburkan keju setelah kue matang. Ya, meskipun nantinya keju tidak akan menjadi kering dan krispi.

Itu dia perbedaan antara resep klapertart keju panggang dan kukus. Pada dasarnya semua cara bisa menghasilkan kue yang lezat, hanya tergantung anda ingin menikmati kue yang krispi atau lebih legit.

Gravatar Image
my name is ayu octaavia sudrajat... saya sangat suka petualangan dan mengeksplore semua bakat dan hobby . Saya juga menyukai beberapa game online salah satunya Point Blank :)