Resep Klapertart Dingin dan Cara membuatnya
Resep Klapertart Dingin

Resep Klapertart Dingin Dan Peluang Bisnis Klapertart

Posted on

Resep Klapertart Dingin– Kue, merupakan makanan ringan yang sering kali menjadi andalan untuk teman saat berkumpul bersama orang terdekat. Tak hanya kue kering, namun kue basah justru menjadi satu pilihan yang lebih menarik.

Macam-macam jenis kue basah pun sangat beragam, mulai dai brownies, chessecake, bolu pandan dan masih banyak lainnya. Namun, mendengar nama-nama kue basah tersebut bukankah sudah sangat sering dan cukup membosankan?

Nah bagi anda yang ingin menikmati kue basah dengan cita rasa dan tekstur berbeda dari beberapa jenis kue yang sering anda nikmati tersebut, klapertart dingin adalah satu pilihan yang sangat tepat.

Mengapa disebut dengan klapertart dingin? Sebenarnya kue ini mirip dengan klapertart biasa, hanya saja disajikan dalam keadaan dingin dan diberi taburan gula halus yang memiliki sensasi dingin ketika digigit.

Anda bisa dengan mudahnya mendapatkan klapertart dingin ini di berbagai toko kue. Namun jika ingin membuatnya sediri pun tak menjadi masalah, bahkan bagi anda yang belum tahu bagaimana resepnya. Sebab berikut ini akan dijabarkan bagaimana resep klapertart dingin khusus untuk anda.

A. Bahan

Pertama-tama ketahui bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat klapertart dingin dan siapkan bahan-bahan tersebut, yang antara lain terdiri dari :

1. 250 ml susu kental manis, bisa menggunakan yang full cream.
2. 1000 ml susu cair murni.
3. 250 tepung maizena kualitas nomer satu.
4. 250 gram tepung terigu kualitas nomer satu.
5. 100 gram gula pasir atau sesuai selera.
6. 100 gram kismis sebagai toping (bisa juga diganti dengan bahan lain).
7. 250 margarin, kemudian lelehkan
8. 1 sendok teh garam halus
9. 3 butir telur ayam, kemudian pisahkan kuning telurnya.
10. 1 bungkus vanili bubuk.
11. 1 buah kelapa ukuran sedang, kemudian serut dan ambil daging buahnya.
12. 50 gram gula halus atau sesuai selera.

B. Alat

Setelah bahan terkumpul, lanjut ke tahap berikutnya yaitu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat klapertart. Yaitu terdiri dari :

1. 2 buah wadah dengan ukuran sedang
2. 1 buah wadah dengan ukuran besar, yaitu cukup untuk wadah seluruh bahan.
3. alat pengaduk manual
4. panci anti lengket
5. cetakan kue berbentuk cup, balok atau sesuai selera.
6. oven atau alat pemanggang.

C. Cara pembuatan

Nah jika semua bahan sudah siap dan peralatan yang dibutuhkan juga sudah siap, langsung saja pada tahap pembuatan klapertart dingin ini.

1. Ambil atau wadah berukuran sedang dan masukkan susu cair, kemudian susulkan susu kental manis dan aduk keduannya hingga susu kental manis larut dalam susu cair.
2. Setelah itu, ambil wadah lain berukuran besar dan masukkan tepung maizena dengan tepung terigu secara bersama. Aduk menggunakan alat pengaduk manual hingga tercampur rata.
3. Masukkan pula serutan daging kelapa ke dalam campuran tepung terigu dan tepung maizena. Aduk menggunakan alat pengaduk atau tangan hingga tidak ada gumpalan tepung yang terlihat.
4. Di wadah yang lain, masukkan kuning telur dan mixer menggunakan kecepatan tinggi. Terus mixer hingga telur mengembang yang ditandai dengan berubahnya warna telur menjadi putih dan volume telur yang mengembang karena muncul busa.
5. Jika telur sudah mengembang sempurna, kemudian tuangkan telur sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung. Sambil terus menuangkan, pastikan anda terus mengaduknya menggunakan mixer berkecepatan rendah.
6. Pada wadah yang berisi susu cair dan susu kental manis tadi, kemudian tambahkan mentega yang sudah dilelehkan, garam, vanili dan gula ke dalamnya. Aduk hingga gula larut dan semua bahan tercampur rata.
7. Setelah semua bagian adonan selesai, berikutnya satukan adonan dengan memasukkan adonan cair (susu dan lain-lain) ke dalam adonan padat (tepung dll).
8. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan pastikan tidak ada gumpalan tepung.
9. Jika sudah, kemudian pindahkan adonan dari wadah besar ke dalam panci anti lengket. Kemudian masak menggunakan api kecil
10. Tak perlu menunggu lama, jika sudah muncul buih atau gelembung dari adonan tersebut segera angkat saja.
11. Sambil menunggu adonan dingin, siapkan loyang atau cetakan kue untuk memanggang. Agar adonan tidak lengket pada loyang, terlebih dahulu lapisi loyang menggunakan mentega dan taburan sedikit tepung terigu.
12. Jika loyang sudah siap, langsung masukkan adonan ke dalam loyang setinggi ¾ tinggi loyang.
13. Sebelum dimasukkan ke dalam alat pemanggang, terlebih dahulu masukkan setengah bagian serutan daging kelapa yang masih disiapkan tadi. Tak lupa masukkan kismis pual sebagai pemanis tampilan dan penambah cita rasa.
14. Baru setelah itu masukkan adonan kedalam alat pemanggang. Panggang adonan selama kurang lebih 20 menit dengan suhu kurang lebih 150 derajat celsius.
15. Setelah adonan mengembang sempurna dan warna berubah kecoklatan, segera angkat klapertart.
16. Pindahkan klapertart dari Loyang ke piring dan taburi gula halus secukupnya.
17. Untuk menambah sensasi dingin, masukkan klapertart ke dalam frozen selama kurang lebih 20 menit. Sajikan klapertart bersama keluarga.

Di tengah teriknya udara perkotaan, klapertart dingin ini sangat pas untuk menjadi teman berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Terlebih lagi jika anda menikmati klapertart dingin ini dengan ditemani segelas jus jeruk atau salad buah yang akan membuat acara kumpul-kumpul menjadi lebih asik dan menyenangkan.

Selain sebagai sajian untuk orang-orang tersayang, anda juga bisa menjadikan keahilan anda menjajal resep klapertart dingin ini sebagai sebuah peluang usaha.

Ya, mengingat saat ini peluang usaha di bidang kuliner sedang berkembang pesat dan klapertart belum cukup terkenal. Jadi bisa disimpulkan jika peluang bisnis klapertart ini bisa menjadi satu bisnis baru yang sangat menjanjikan.

Selain membuat kreasi klapertart dingin, anda juga bisa membuat klapetart dengan kreasi toping lain seperti dengan tambahan keju dan adonan tambahan cream keju. Atau bisa juga dengan tambahan green tea untuk sensasi rasa lain.

Sedangkan untuk penjualannya sendiri anda bisa memanfaatkan media social seperti intagram, facebook, twitter atau bahkan menggunakan website. Kunci dari suksesnya pemasaran menggunakan media social ini adalah perbanyak brodcash atau penyebaran info.

Selain itu, dengan memberikan review atau testi dari pelanggan sebelumnya juga bisa menjadi satu trik ampuh untuk menarik minat pembeli baru. Kemudian anda juga tak boleh hanya mengandalkan rasa klapertart buatan anda.

Namun penampilan juga akan sangat berpengaruh, sebab media yang anda gunakan adalah media yang memberikan tampilan gambar sehingga calon pembeli akan menilai barang yang anda jual dari tampilan luar.

Dan untuk memaksimalkan penjualan, anda juga bisa memberikan banyak promo seperti pemberian potongan harga. Sebagai contoh, anda bisa memberikan potongan harga untuk setiap pembelian di atas 5 box.

Anda juga bisa memberikan promo cash back untuk pembelian minimal 5 box.

Bagaimana, sangat menarik bukan? Tak perlu keluar rumah dan mencari pekerjaan. Hanya degan menekuni hobi memasak anda pun sudah bisa mengembangkannya menjadi satu bisnis yang cukup menjanjikan.

Silahkan di save dan di share resep klapertart dingin diatas. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan isi kolom komentar dibawah. Pantengin terus ratuicip.com untuk mendapatkan berbagai resep kue dan resep makanan khas indonesia maupun mancanegara. Terimakasih atas perhatiannya.

Gravatar Image
my name is ayu octaavia sudrajat... saya sangat suka petualangan dan mengeksplore semua bakat dan hobby . Saya juga menyukai beberapa game online salah satunya Point Blank :)