Resep Bolu Tape
Resep Bolu Tape Anti Monoton

Resep Bolu Tape Variasi Anti Monoton Dengan Rasa Kombinasi

Posted on

Meskipun tape adalah bahan yang mempunyai rasa asam, tetapi olahan bolu tape tidak selalu memiliki rasa asam. Campuran beberapa bahan akan menjadikan resep bolu tape lebih variatif dan rasanya pun seperti kombinasi banyak unsur seperti manis dan gurih.

Bahan membuat bolu tape plain adalah 300 gram tape yang sudah dibuang sumbunya, 180 gram tepung terigu, 1 sendok teh BP, 5 butir telur, 1 sendok teh emulsifier, 75 ml santan, 180 gram gula pasir, setengah sendok teh esens vanila, 150 gram margarin yang telah dicairkan, 50 gram keju yang pengolahannya bebas antara diparut atau cincang, serta tambahan keju parut 50 gram lagi sebagai taburan.

Baca Juga: Resep Kue Bolu Oven Sederhana

Cara membuat resep bolu tape plain dimulai dengan memanaskan oven dan menyiapkan loyang untuk diolesi margarin serta tepung terigu tipis – tipis. Jika sudah menyiapkan oven, maka tepung terigu selanjutnya di ayak. Haluskan tape dengan blender, lalu campur dengan santan dan sisihkan. Pada wadah lain, buat adonan telur, gula dan emulsifier sampai putih dan kental. Apabila sudah mengental, tambahkan esens vanila.

Campuran tape kemudian dimasukkan perlahan sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah sampai adonan menjadi pas. Lalu, tambahkan pula tepung terigu ayak, keju cincang atau parut, dan terus mixer sampai campuran benar – benar rata. Jika sudah merata, aduk dengan spatula dan oven sampai matang.

Baca Juga: Resep Bolu Gulung Buatan Sendiri

Untuk variasi dan kombinasi rasa, Cake Tape Keju atau Bolu Tape Keju bisa dipilih menjadi prioritas karena rasanya manis dan gurih. Bahan resep bolu tape tersebut terdiri dari 5 butir kuning telur, 4 butir telur seluruhnya, 1 sendok teh emulsifier atau SP, 125 gram tape yang sudah dibuang sumbunya dan dihaluskan, 100 gram tepung terigu, 25 gram susu bubuk, 10 gram tepung maizena, 150 gram margarin yang dicairkan, serta 25 ml minyak sayur. Apabila ingin menambah topping supaya tampilannya lebih cantik, maka dapat dipilih aneka choco cips atau meises dan keju parut yang semakin memperkuat rasa.

Pengaplikasian resep bolu tape dilakukan dengan menyapkan loyang kurang lebih dengan ukuran 20 cm x 20 cm sesuai jumlah adonan, lalu olesi dengan sedikit margarin menggunakan kuas dan tepung terigu. Ayak tepung terigu, susu bubuk dan tepung maizena lalu sisihkan. Pada wadah yang lain, campur minyak sayur dengan mentega cair. Kemudian, panaskan oven kurang lebih untuk suhu 170 C.

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Mekar Aneka Warna dan Rasa

Untuk adonannya, campur telur, gula dan SP sampai mengental putih. Setelah itu masukkan sedikit – demi sedikit tape dan tepung terigu. Jangan lupa tambahkan margarin cair. Apabila sudah merata, tuang adonan dalam loyang dan taburi keju serta kismis. Pemanggangan dilakukan selama 45 sampai 50 menit. Sajikan hangat.

Bagi yang tidak memiliki oven, resep bolu tape yang sederhana tetap bisa dibuat dengan menggunakan penggorengan atau panci teflon. Bahan – bahannya meliputi tape 2 potong besar, 2 butir telur, 3 sendok makan gula pasir, 2 sendok makan tepung terigu, 3 sendok makan keju, setengah sendok teh baking powder, baking soda dan vanila ekstra, serta minyak goreng dan garam secukupnya. Untuk cara membuatnya, campur telur dengan gula dan kocok sampai pucat dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Anti Gagal

Setelah itu tambahkan tepung dan kocok kembali. Masukkan baking soda, baking powder, vanila, garam, keju parut, dan tape. Aduk sampai rata. Untuk finishing, panaskan teflon dengan api kecil dan margarin, tuang adonan dan masak sampai matang.

Gravatar Image
my name is ayu octaavia sudrajat... saya sangat suka petualangan dan mengeksplore semua bakat dan hobby . Saya juga menyukai beberapa game online salah satunya Point Blank :)