Resep Bolu Kukus Sprite
Resep Bolu Kukus Sprite dan Cara membuatnya

Resep Bolu Kukus Sprite Mekar Anti Bantat

Posted on

Agar bisa mekar dengan sempurna, biasanya pada resep – resep bolu kukus dicantumkan air soda atau Sprite. Selain Sprite, ada beberapa bahan lain yang juga bisa mengembangkan tampilan bolu kukus. Contoh dari resep yang menggunakan Sprite adalah resep Bolu Kukus Sprite Sederhana.

Kurang lebih satu resep akan bisa menghasilkan 35 cup kue bolu kukus ukuran sedang. Bahan – bahan terdiri dari 450 gram gula pasir, 490 gram tepung terigu, 4 butir telur utuh, 2 sendok teh TBM, pasta cokelat secukupnya, 1 sendok teh vanili bubuk, 1 botol Sprite ukuran 360 ml yang masih baru dan disegel, serta paper cup 30 sampai 40 lembar.

Baca Resep Kue Bolu Lainnya :

Langkah pembuatan resep Bolu Kukus Sprite Sederhana yaitu mixer telur dengan gula dan TBM sampai kental dan warnanya menjadi pucat. Setelah itu, tuang Sprite dan tepung terigu secara perlahan dengan tetap dikocok berkecepatan rendah. Tambahkan vanili dan aduk selama kurang lebih 10 menit.

Ambil seperempat bagian dari adonan dan campur bersama pasta cokelat. Tata cetakan bolu yang sudah dilapisi paper cup. Setelah itu, tuang adonan yang berwarna putih kekuningan sebanyak dua pertiga bagian. Tambahkan 1 sendok teh adonan warna cokelat. Siapkan pengukus dengan tutup yang dilapisi kain. Setelah itu, kukus bolu selama kurang lebih 20 menit dan sajikan hangat.

Ada lagi catatan lain dari resep Bolu Kukus Sprite Pelangi yang mempunyai ciri warna – warna yang ceria dengan rasa unik. Bahan yang diperlukan terdiri dari 2 butir telur, 1 sendok teh SP, 250 gram gula, 250 gram tepung terigu, 50 gram tepung maizena, 200 ml Sprite, dan 1 sendok teh ekstrak vanila. Untuk warna pelangi, gunakan beberapa macam pasta sekaligus sesuai selera.

Baca Resep Kue Bolu Lainnya :

Pilihan pasta yang bisa digabung contohnya pasta stroberi, pasta cokelat, pasta pandan, dan pasta nanas. Cara pembuatannya, pertama – tama campurkan seluruh bahan, kocok dengan kecepatan tinggi selama 7 menit. Bagi menjadi 4 dan campur bersama pasta aneka warna dan rasa. Setelah itu, tuang adonan masing – masing seperempat bagian ke dalam cetakan yang dilapisi paper cup. Kukus selama 25 menit sampai matang.

Jika tidak suka dengan porsi bolu kukus yang biasanya, maka pilihan resep Bolu Kukus Sprite Mini – Mini bisa dipilih. Seperti namanya, paper cup yang digunakan memang lebih kecil sehingga siapapun yang memakannya akan gemas dan ketagihan dengan makanan yang satu ini.

Untuk bahan resep, yang diperlukan adalah 2 butir telur, setengan sendok tek emulsifier seperti SP, TBM atau ovalette, 150 gram gula pasir, 200 gram tepung terigu, 200 ml Sprite, vanili bubuk secukupnya dan pewarna makanan merah dan hijau, bisa juga menggunakan pasta melon dan stroberi.

Langkah pengeksekusian resep Bolu Kukus Sprite Mini – Mini tergolong sangat mudah. Siapkan mixer, aduk telur, gula pasir dan emulsifier dengan kecepatan tinggi sampai putih berjejak dan tekstur gula pasir lebih halus. Setelah itu, masukkan tepung terigu dengan tetap dikocok. Tambahkan pula Sprite dengan menuangkannya sedikit demi sedikit. Bubuhkan banili bubuk, setelah itu aduk kembali sampai rata.Bagi adonan menjadi 3.

Adonan pertama setengah bagian, dan dua adonan yang lain seperempat bagian. Adonan yang setengah bagian tetap dibiarkan warna putih. Masing – masing seperempat adonan diberi warna hijau dan merah atau pasta melon dan stroberi. Masukkan adonan dalam paper cup, setelah itu kukus dan tunggu sampai mekar merekah.

Gravatar Image
my name is ayu octaavia sudrajat... saya sangat suka petualangan dan mengeksplore semua bakat dan hobby . Saya juga menyukai beberapa game online salah satunya Point Blank :)